Senin, 11 Agustus 2008

Media LMND Semarang

www.lmndsemarang.blogspot.com adalah ruang publik bagi siapapun yang berminat memproduksi pengetahuan yang berasal dari lingkungan dan keseharian kita. Ada banyak dinamika kehidupan yang kita alami dan hadapi setiap saat. Tetapi, tidak semua hal yang kita alami dan saksikan terekam menjadi sumber pengetahuan untuk banyak orang. Padahal, ada banyak peristiwa penting yang tak tersampaikan kepada publik. Juga ada banyak pandangan dan perspektif pemikiran yang hampir tidak mungkin diwadahi oleh media-media konvensional.

Di era komersial seperti sekarang, mengharapkan media-media konvensional/komersial menjadi sarana aspirasi rakyat yang sebenarnya hampir tidak bisa diharapkan. Mengapa, karena informasi lebih dilihat sebagai komoditas daripada sumber pengetahuan yang berguna bagi banyak orang. Demikian pula muatan informasinya. Di Indonesia paling tidak, jika bukan pembahasan ekonomi finansial, intrik politik antarpolitisi, pornografi dan tahayul, maka gosip artis penghiburlah yang memberi warna dominan media-media konvensional yang ada.

Kenyataan seperti itu sama sekali tidak alamiah. Kita bisa menolak sekaligus mengubahnya. Dengan kemajuan teknologi internet, tidak hanya media-media konvensional bermodal besar yang bisa memanfaatkan kemajuan itu, tetapi juga bagi media-media alternatif yang lahir untuk menandingi dominasinya. Jika selama ini anda hanya menjadi konsumen informasi media konvensional, maka sudah saatnya anda menjadi produsen informasi. Mengabarkan kenyataan adalah hak. Dan menyuarakan kebenaran untuk perubahan menuju kebaikan adalah kehidupan.

Jadi, mengapa harus menunggu nanti jika anda bisa melakukannya hari ini?!

Tidak ada komentar: